Desa Dermaji merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Lumbir yang terletak di bagian paling barat wilayah Kabupaten Banyumas.  Jarak pusat pemerintahan desa dengan pusat pemerintahan kecamatan adalah 5 km dan dengan ibukota kabupaten 55 km, Desa ini terletak di ceruk pegunungan, memiliki pesona alam yang sangat indah. Dari segi ekonomi desa ini memiliki potensi peternakan kambing jenis Etawa dan perikanan. Suasana Alamnya Yang Sejuk , Masyarakatnya Yang Santun Dan Sifat Kegotong royongan yang masih di jaga oleh seluruh elemen masyarakatnya , menjadikan siapapun yang berkunjung menghadirkan kenyamanan tersendiri, dan menjadikan kita selalu ingin kebali ke desa ini Baru baru Desa Dermaji tengah bersiap luncurkan program Desa 2.0 di pertengahan tahun 2012. Sebagai persiapan menuju Desa 2.0, awal Maret ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Dermaji mendayagunakan piranti lunak sumber terbuka (open source) sebagai dukungan tata kelola pemerintahan dan informasi desa.
Hal itu disampaikan Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho pada akhir lokakarya Gerakan Desa Membangun (11/3/2012). Menurutnya, seluruh komputer di kantor desa telah menggunakan sistem operasi BlankOn, sebuah piranti lunak sumber terbuka dan gratisan yang dikembangkan oleh para ahli komputer di Indonesia.
“Sistem operasi ini sangat andal untuk mendukung kerja layanan publik. Kita sudah tak takut pada serangan virus seperti waktu-waktu sebelumnya,” kisah Bayu.
Program Desa 2.0 merupakan pilihan sadar Pemdes Dermaji untuk meningkatkan layanan pada warganya. Program ini dimulai dengan peluncuran portal desa di www.dermaji.or.id pada Februari 2012. Portal desa bermanfaat untuk menyebarluaskan informasi dari desa ke dunia luar.
( dari berbagai sumber )