Cirebon, angipin.id : Sekumpulan anak muda yang memiliki perhatian situs-situs di Cirebon rajin melakukan penulusuran. mereka tergabung dalam Organisasi Satu Bumi Cirebon yang bermarkas di Desa Kanci Wetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. 

Ketua divisi kebudayaan dan pariwisata satu Bumi Cirebon, Triya Sapta Meilany mengatakan, hingga saat ini satu Bumi Cirebon telah melakukan penelusuran terhadap beberapa situs bersejarah yang belum di ketahui oleh banyak orang. "jadi melalui satu bumi cirebon ini, kita coba membuka destinasi wisata budaya baru yang belum terpublikasi dan diketahui banyak orang, terutama masyarakat Cirebon sendiri." jelas Triya saat di wawancarai wartawan Harian Umum Rakyat Cirebon.

Beberapa situs yang sedang coba digali, lanjut dia, diantaranya adalah Situs Pasir Bentang yang berlokasi di Desa Koreka, perbatasan Cirebon dengan Kuningan, serta Batu Tulis Cina Kuno di Desa Ciawai Japura, Kecamatan Susukan Lebak.  "Untuk saat ini kita sudah telusuri dua situs, kita sudah observasi, kita kumpulkan data-datanya dari penduduk setempat untuk kemudian nanti kita coba publikasikan sebagai situs bersejarah di Cirebon." lanjut Triya.

Selain dua situs tadi, kedepan masih dikatakan Triya, Satu Bumi Cirebon juga merencanakan akan melakukan observasi terhadap dua tempat lainnya, yakni situs Curug Panongan di Kecamatan Sedong dan juga Situs Sumur Kondang di Kecamatan Karang Wareng.

"Kedepan kita ada dua objek lagi yang akan coba kita gali, ini supaya masyarakat tahu dan bangga akan kekayaan budaya yang dimiliki Cirebon mas." ujar dia.

Tidak hanya sampai kepada pengumpulan data, Satu Bumi Cirebon juga turun dalam hal pengelolaan. Untuk pengelolaan sendiri, Satu Bumi Cirebon menggandeng karang Taruna di Desa dimana Situs tersebut berada. "kita juga coba kelola, untuk pengolaan nya, kita ajak kerjasama para pemuda yang tergabung dalam karang taruna di desa setempat, jadi selain di perkenalkan, situs nya juga terawat nantinya," imbuh Triya.

Diakui dia, kerja keras Satu Bumi Cirebon hingga saat ini sudah membuahkan hasil, terlihat sudah banyak masyarakat yang berkunjung  ke Situs Batu Tulis.

"Sedikit demi sedikit sudah terlihat hasilnya mas, Kedepan, arah secara global kita adalah mengungkap semua tempat-tempat wisata bernilai sejarah di Cirebon," tandas Triya.

Selain mencoba mengungkap berbagai situs bersejarah di Cirebon yang belum banyak dikenal, Organisasi Satu Bumi juga trengginas turut serta dalam pelestarian budaya yang ada di Cirebon.

Langkah pelestarian yang dilakukan diimplementasikan dalam berbagai bentuk diantaranya, adalah turut serta meramaikan kirab budaya beberapa waktu lalu yang di gelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Cirebon.

Pasukan Kirab Satu Bumi Cirebon saat ikut meramaikan HUT Kota Cirebon, Sumber Foto : facebook.com/sanggar.satubumi.cirebon

Dalam arak-arakan yang dimulai dari Keraton hingga Jalan Siliwangi, sekitar 45 personel Satu Bumi ikut meramaikan dengan berbagai penampilan, seperti para prajurit, para penari Nyimas Gandasari, serta penampilan para santri dan kiai.

"Selain di sektor parawisata bersejarah, kita juga fokus di kebudayaan, salah satu nya kemaren kita ikut berpartisipasi di kirab budaya HUT Kota Cirebon." ungkap ketua divisi Komunikasi Informasi Satu Bumi Cirebon, Hardiana Suryana.

Selain ikut berpartisipasi dalam rangkaian HUT Kota Cirebon, belum lama ini, Satu Bumi Cirebon juga turut mengirimkan perwakilannya dalam Festival Keraton Nusantara ke-10 di  Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah yang digelar 9-12 oktober lalu.

Logo Organisasi Satu Bumi Cirebon

"Kita juga kirim perwakilan untuk turut serta dalam FKN ke-10 di Kalimantan mas, perwakilan kita disana ikut kirab dengan memerankan Manggala Yuda." jelas dia.

Tidak hanya turut berperan dalam kegiatan seremoni, ternyata keseharian Satu Bumi Cirebon pun diarahkan untuk mendalami serta memperkenalkan kebudayaan Cirebon kepada masyarakat.

"Kita juga harus kenalkan kebudayaan kepada masyarakat. kita kerjasama dengan sanggar, kita juga adakan diskusi rutin tentang kebudayaan Cirebon, supaya masyarakat tahu, bahwa Cirebon ini kaya akan budaya, serta tahu juga apa saja budayanya." tandas dia. (sep)

Website Organisasi Satu Bumi Cirebon, silahkan klik : www.satubumicirebon.com

Disadur dari Harian Umum Rakyat Cirebon.