Kisah Tosim dan Windri, sempat gegerkan warga Cirebon. Viral di media sosial, keduanya dilaporkan hilang lebih dari seminggu. Windri, usianya baru 17 tahun dan masih duduk dibangku SMK dibawa kabur oleh pria yang bernama Tosim, pria bungkuk warga Desa Selangit, Kecamatan Klangenan Cirebon. Tosim dikenal sering nongkrong dilampu merah kawasan Kota Cirebon. Demikian seperti yang ditulis oleh Achmad Saptono di akun pribadinya.

Pihak keluarga Windri beserta Pemerintah Desa Jemaras Kidul, Kecamatan Klangenan melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek terdekat, sebab, Windri sudah tak ada kabar hingga dua minggu lamanya.


"Barangkali ini selayaknya disebut penculikan," tulis Achmad.



Viral dan Menjadi DPO

Kabar tersebut cepat tersebar, sebab banyak yang simpatik dan peduli atas peristiwa tersebut. Pihak keluarga melalui akun Wahyu Aneri Nely yang mengakui Windri sebagai keponakannya meminta warganet jangan menghujat keluarganya tanpa tau persoalannya. 

Fanpage Anggota Sat Intelkam Polres Cirebon Kota, membuat postingan yang menerangkan tentang status Tosim yang akhirnya menjadi DPO. Informasi ini menyebar, disebarkan ulang oleh warganet hingga tembus 700 kali lebih. 


Akhirnya, melalui akun Henry Sutedja yang menyebarkan postingan di Grup KOCI memberikan informasi bahwa Tosim sudah ditemukan di Cikarang, disebuah kamar dengan kondisi sedang tidur berdua dengan Windri. Dalam video singkat tersebut, tampak seorang anggota kepolisian turut mendampingi penangkapan tersebut.

Tosim
Peristiwa tersebut jelas memancing berbagai reaksi warganet untuk berkomentar. Terlepas dari persoalan latar belakang, dan penyelesaian yang dilakukan oleh keluarga maupun kepolisian, fenomena peran serta media sosial melalui peristiwa ini begitu besar. Pihak keluarga yang tersakiti, kepolisian yang bekerja maksimal dan banyaknya warganet yang membantu dengan ikut menyebarkan informasi tersebut menjadi sisi lain dari peristiwa tersebut. Belum lagi soal komentar - komentar para warganet dengan berbagai asumsinya adalah hal yang tak perlu ditanggapi secara serius oleh pihak terkait.

Dijelaskan kembali oleh akun Achmad Saptono, Drama Tosim Sang Petualang, yang berakhir di Cikarang pada Jum'at malam (14/12) pukul 22.00 WIB merupakan malam yang ke-23 Windri dibawa pergi oleh Tosim. 

"Alhamdulillah Windri ditemukan dalam keadaan sehat wal'afiat, terimakasih kepada seluruh Netizen yang sudah bantu share sekaligus mengawal kasus ini, semoga tidak ada lagi kasus serupa; semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari peristiwa ini. Aamiin" tulis Achmad