Penguatan Literasi Digital untuk PAUD Sebagai Upaya Mencetak Generasi Unggul

Teknologi kini telah menjadi kehidupan kedua, keberadaannya sudah hampir merasuk keseluruh lini kehidupan. Relevansi pemanfaatan berbagai platform teknologi begitu cepat, sehingga kita semua saat ini, khususnya yang lahir di tahun 1970 - 1990 an menjadi generasi saksi hidup dan pelaku utama loncatan peradaban.

Tangkapan Layar : Salah satu materi Digital Parenting di Literasidigital.id
Generasi tersebut, pernah mengalami berkirim surat dengan media kertas, lalu bergeser dengan media digital, seperti email hingga aplikasi chat, pernah asik bermain petak umpet hingga kini larut dalam game online. Dari sisi pemanfaatan saja, masyarakat disekitar kita belum sepenuhnya merata, ketimpangan ini akan semakin terlihat kalau kita lihat pada fenomena maraknya Hoax beberapa waktu lalu, belum lagi soal pencurian data, pornografi, hingga Cyber Bullying.

Upaya - upaya untuk membangun kesadaran tentang penggunaan teknologi, mencegah dampak negatif dan mendorong masyarakat agar dapat produktif melalui teknologi tidak akan berjalan efektif tanpa adanya kolaborasi dari berbagai pihak, peran pemerintah dalam hal regulasi dan kontrol penuh akses perlu adanya dukungan dari pemerhati, tokoh agama, pegiat TIK, akademisi, komunitas hingga lembaga pendidikan.

Fakta tersebut, cukup menjadi alasan upaya yang dilakukan oleh Apple Tree Pre-School BSD adalah tepat dengan menerapkan kurikulum pembelajaran yang modern dan terintegrasi. Penguatan Literasi Digital secara formal harus dimulai disemua usia kelompok belajar, dari Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas hingga Perguruan Tinggi.

Ditingkat PAUD, Literasi Digital dapat dimulai dengan pemanfaatan teknologi untuk media pembelajaran, tenaga pengajar dan orang tua harus dibekali secara mendalam dengan Digital Parenting, saat ini telah banyak rujukan tentang materi Literasi Digital. Oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika misalnya, masyarakat dapat secara bebas mengakses materi di literasidigital.id.

Ditingkat PAUD, potensi pembentukan karakter dan penguatan kreativitas peserta didik berbasis teknologi sebagai upaya untuk mencetak generasi unggul masa mendatang sangat besar. Sebab, ditingkat Sekolah Dasar dan seterusnya saat ini, sudah terpapar dampak negatif hadirnya teknologi.

Fokus utama pada paud adalah oleh tenaga pengajar serta dukungan kurikulum, hal ini sudah diawali dengan bagus oleh Apple Tree Pre-School BSD dengan menerapkan pembelajaran bahasa inggris, sebab teknologi informasi memilki dua fondasi, yaitu bahasa inggris dan matematika

Era Digital bagi peserta didik setingkat PAUD, dimulai tanpa harus menjelaskan panjang lebar tentang teknologi, sejak lahir saat matanya mulai dapat melihat dunia, sudah ada smartphone dan internet disisinya. Oleh karenanya proses dan peran Pendidikan Anak Usia Dini sangatlah penting, dukungan institusi penyelenggara dan orang tua peserta didik menjadi adalah mutlak.




Penguatan Literasi Digital diranah Pendidikan Anak Usia Dini sebagai upaya menciptakan ekosistem menuju peradaban bangsa yang unggul yang dilakukan dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan pegiat TIK lainnya. Saat ini telah banyak lembaga independen, organisasi maupun program pemerintah yang memiliki tujuan yang sama dan dapat dijadikan mitra kerja - kerja sosial bersama yang fokus pada dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi, seperti Relawan TIK Indonesia, ICT Watch dan Siberkreasi.


Salah satu materi Digital Parenting di Literasidigital.id

Jika generasi peserta didik dilevel PAUD sudah paham dan mendapatkan pengawalan dari institusi penyelenggara dan orang tua tentang Literasi Digital, maka anak - anak generasi penerus bangsa 25 tahun mendatang bisa menjadi aktor utama yang mengendalikan peradaban. 

Oleh karenanya, Literasi Digital harus menjadi isu utama dikalangan penyelanggara pendidikan, orang tua peserta didik dan masyarakat secara umum, agar kreativitas memiliki fondasi yang kokoh untuk dapat menciptakan produk - produk teknologi yang dihasilkan oleh generasi penerus bangsa, sukses selalu untuk PAUD #appletreebsd.

#LiterasiDigital #RelawanTIK #BanggaJadiRelawanTIK

5 Comments

  1. Wah keren banget ini, saya jadi tau ternyata ada materi pembelajaran dari kominfo yang bisa didownload gratis, masukan yang bagus untuk guru2

    ReplyDelete
  2. Bagus nih semoga aja banyak guru2 yang membaca terutama guru PAUD. Solutif banget buat ibu2 yang dilema anak2 sering main gadget

    ReplyDelete
  3. Nice info gan, cocok juga nih untuk yang belajar it secata otodidak. Biar bisa lebih berguna dan tertata melalui materi2 yang ada di literasidigital.id, ternyata banyak pilihannya

    ReplyDelete
  4. contentnya bagus. ada literatur yang bisa dijadikan bahan untuk pembelajaran mengenai teknologinya. semoga bermanpaat dan banyak yang bca blognya

    ReplyDelete
  5. konten tentang literasi digital di kami sebagai relawan TIK kota cirebon sudah sangat umum dan jadi makanan sehari-hari, tapi isu tentang literasi digital untuk Pendidikan Anak Usia DIni (PAUD) sangatlah jarang digalakkan, karena pada umumnya kita berfokus pada orang tua sebagai pionir terdekat untuk penanggulangan bahaya internet dan gadget bagi anak-anak. ini jadi masukan bagus bagi kami terutama saya sebagai Relawan TIK Kota Cirebon agar bisa lebih luas menyasar semua umur, termasuk PAUD agar terhindar dari kecanduan gadget dan antisipasi bahaya Internet.
    terima kasih atas ulasan yang sangat lugas ini.

    ReplyDelete

Terima Kasih Telah Membaca, Komentar Anda yang Membangun Adalah Semangat Kami